Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 18



Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 18 | Akreditasi sekolah SD/MI, akreditasi sekolah SMP/MTs, akreditasi sekolah SMA/MA dan Akreditasi sekolah SMK/MAK diselengarakan oleh pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BANSM).



Penyelenggaraan Akreditasi sekolah pada setiap jenjang lembaga pendidikan memiliki tujuan yang sama. Salah satu tujuan dari akreditasi untuk melakukan penilaian dengan standar nasional mengenai kelayakan sekolah/madrasah atau program pendidikan yang dijalankan.




Melalui akreditasi sekolah pemerintah dapat memetakan mutu pendidikan di suatu lembaga dan daerah berdasarkan standar nasional pendidikan.





Dengan Akreditasi sekolah pada tiap jenjang pendidikan dapat memberikan suport tanggungjawab kepada penyelenggara pendidikan agar mampu menyetarakan dan meningkatkan kualitas.





Biasanya kepala sekolah dan guru sekolah yang akan melakukan akreditasi akan sedikit disibukkan dengan berbagai macam persiapan.





Tidak sedikit tiem akreditasi yang dibentuk disekolah merasa kebingungan dalam mempersiapkan akreditasi sekolah.





Kebingungan-kebingungan yang terjadi dikarenakan tiem akreditasi yang bekerja disekolah mempersiapkan akreditasi sekolah tidak memahami point-point penting yang terdapat pada instrumen akreditasi sekolah.





Pada kesempatan ini kita akan kembali membahas dan mengulas tentang intrumen akreditas sekolah standar proses nomor 18.





Mari sama-sama kita perhatikan dan cermati instrumen akreditasi sekolah standar proses nomor 18, agar kita dapat memahami dengan baik persiapan yang akan dilakukan. berikut merupakan instrumen akreditas sekolah standar proses nomor 18




Instrumen Akreditasi Standar Sekolah Proses Nomor 18



18. Guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai karakteristik siswa dan mata pelajaran.


  • A. 91%-100% guru menggunakan metode yang sesuai

  • B. 81%-90% guru menggunakan metode yang sesuai

  • C. 71%-80% guru menggunakan metode yang sesuai

  • D. 61%-70% guru menggunakan metode yang sesuai

  • E. Kurang dari 61% guru menggunakan metode yang sesuai






Pada Instrumen Akreditasi diatas disebutkan bahwa guru menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan mata pelajaran.





Perlu diketahui bahwa antara model pembelajaran dengan metode pembelajaran terdapat perbedaan makna dan arti.





Sering sekali model pembelajaran dan metode pembelajaran dianggap sama, padahal kedua hal ini jauh berbeda.





Pada instrumen akreditasi sekolah standar proses nomor 17, kita sudah membahas tentang model pembelajaran.





Sedangkan pada instrumen akreditasi sekolah standar proses nomor 18 kita akan membahas tentang metode pembelajaran.





Supaya lebih mendalami mari kita simak perbedaan antara model pembelajaran dan metode pembelajaran berikut ini.





Model pembelajaran dapat diartikan sebagai prosedur sistematis yang ditempuh dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar yang terdiri dari rangkaian dari awal hingga akhir pembelajaran.





Sedangkan metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara atau gaya pembelajaran yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.





Terdapat beberapa metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, diantaranya:



  • Ceramah

  • Demonstrasi

  • Diskusi

  • Simulasi

  • Laboratorium

  • Pengalaman lapangan

  • Brainstorming

  • Debat

  • Simposium dan sebagainya





Mungkin itulah yang dapat kami paparkan perbedaan antara model pembelajaran dan metode pembelajaran.




Sampai disini kami berharap anda sudah dapat memahami tentang makna yang terkandung dalam instrumen akreditasi sekolah standar proses nomor 18 terkait tentang metode pembelajaran.





Jika kita sudah mampu memahami apa yang di inginkan pada instrumen akreditas sekolah standar proses nomor 18, kita sudah dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan kenyataan di sekolah atau madrasah.





Lalu apa saja yang harus dipersiapkan pada instrument akreditasi sekolah standar proses nomor 18 ini?



Mari kita simak petunjuk teknis akreditasi sekolah standar proses nomor 18 berikut ini.





Petunjuk Teknis Akreditasi Sekolah Standar Proses Nomor 18



Kegiatan inti dilaksanakan guru dengan menggunakan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD setiap mata pelajaran.



Metode pembelajaran antara lain: Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, Belajar Mandiri, Simulasi, Curah Pendapat, Studi Kasus, Seminar, Tutorial, Deduktif, dan Induktif.



Dibuktikan dengan:


  • menelaah ragam metode pembelajaran yang digunakan guru dalam:


    • RPP

    • proses pembelajaran di 1-2 kelas, yang dipilih oleh asesor


  • wawancara dengan guru dan siswa.






Berdasarkan apa yang tertera pada petunjuk teknis akreditasi sekolah standar proses nomor 18 diatas, kita dapat mengetahui bahwa team assesor akan menalaah metode pembelajaran yang digunakan guru yang tercantum pada perangkat pembelajaran seperti RPP.





Selain itu team assesor akan mengamati beberapa kelas yang sedang berlangsung proses belajar mengajar, untuk melihat kesesuaian metode pembelajaran yang digunakan guru.





Bukti fisik akreditasi sekolah yang dibutuhkan pada instrumen akreditasi sekolah nomor 18 merupakan perangkat pembelajaran guru.





Setiap guru yang mengajar tentu berpedoman pada perangkat pembelajaran seperti silabus dan RPP. Menyusun dan menyiapkan perangkat pembelajaran salah satu pekerjaan yang wajib bagi setiap guru.





Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 18


Download : Silabus Kurikulum 2013 SD Revisi 2017

Download : Silabus Kurikulum dan RPP 2013 Revisi 2017 SMP

Download : Silabus dan RPP Kurikulum 2013 Revisi 2017 SMA Lengkap

Download : Silabus Kurikulum 2013 MA Revisi 2017 Terbaru

Download : Silabus SMK Kurikulum 2013 Revisi 2017 Lengkap KI dan KD

Download :Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi Standar Proses[Alternatif]




Nach itulah beberapa perangkat pembelajaran yang dapat kami sediakan sebagai acuan persiapan bukti fisik akreditasi.





Demikian yang dapat kami sampaikan pada artikel ini dengan judulBukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 18.





Semoga dapat menjadi referensi dan informasi yang bermanfaat bagi yang sedang mempersiapkan akreditasi sekolah.

Posting Komentar untuk "Bukti Fisik Akreditasi Standar Proses Nomor 18"