Update Aplikasi AFE 18022020 Masalah Dan Solusi AFE - Trobleshooting
Update AFE 1.0 (18022020)
Jika ada yang kurang jelas, atau ingin memberi saran dan masukan, silakan kirim email ke:
emisdashboard@gmail.com
A. Prosedur Pendataan EMIS Madrasah melalui AFE
- Memiliki Akun EMIS (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap mendaftar terlebih dahulu dengan kordinasi Operator Kemenag Kabupaten/Kota)
- Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) di halaman Menu Unduhan Dashboard EMIS => http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi
- Ekstrak Aplikasi di Komputer Lokal
- Jalankan File Aplikasi emis.exe
- Login sesuai Akun EMIS (Login Pertama harus Online)
- Silakan Ambil Data pada menu Data Lampau (Siswa, Guru dan Sarpras)
- Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline.
- Sinkronisasi Data
- Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (Online) => http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor
- Konfirmasi Data (Jika sudah Sync Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras. Semua lingkaran Progres Hijau) Pastikan data sudah lengkap dan Valid)
- Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah (harap periksa dengan cermat isi BAP)
- Upload BAP yang sudah ditandatangani (Tanda Akhir Pendataan)
- Selesai
B. Troubleshooting AFE Versi 1.0
- Gunakan Versi 1.0 yang terbaru/Final melalui link http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi
- Jika pertama kali loading aplikasi dibuka (ada pesan please wait) lama, tutup atau close aplikasi, kemudian jalankan kembali aplikasi
- Jika form tidak bisa edit/dipilih seperti terkunci/lock, klik window luar aplikasi, kemudian kembali ke aplikasi.
- Jika SignOut dalam kondisi aplikasi masih aktif untuk login lagi biasanya anda perlu klik window luar aplikasi kembali ke aplikasi lagi untuk login kembali.
- Jika Ingin melakukan Mutasi Siswa, Tambah dan Non aktif Siswa/GTk/Sarpras Gunakan Feeder Monitoring, karena fitur tersebut tidak disediakan di AFE
- Proses Mutasi harus persetujuan Madrasah Tujuan
- Proses Non aktif Siswa/GTK melalui persetujuan Kankemenag Kab/Kota.
- Jika sudah terlanjur Upload BAP, tetapi ada kekeliruan. Maka masih diperkenankan untuk membatalkan BAP dengan cara mengajukan Permohonan
- Pembatalan BAP ditandatanagani Kepala Madrasah, surat ditujukan kepada Kankemenag Kab/Kota, scan surat filenya dilampirkan
- dalam usulan melalui form usulan di menu Upload BAP.
C. Catatan:
- AFE hanya bisa ambil data lampau (semester sebelumnya), dan menyempurnakan atau membetulkan data tersebut untuk disync ke Server EMIS
- Pada AFE tidak bisa dilakukan hapus dan tambah data, tetapi melalui Feeder Monitoring
- Monitoring hasil Sinkronisasi AFE dilihat di Feeder Monitoring
Fungsi Selengkapnya Feeder Monitoring:
- Cek hasil Sync dari AFE
- Tambah Data Siswa, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Siswa AFE)
- Tambah Data Guru, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Guru AFE)
- Tambah Data Ruang Sarpras, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Sarpras AFE)
- Menghapus Data Double/Dropt Out/Menonaktifkan Data Siswa dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota
- Menghapus Data Double/Menonaktifkan Guru dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota
- Mutasi Siswa (sebelumnya harus Sync Siswa AFE), Usulan harus disetujui oleh Lembaga tujuan.
- Konfirmasi Data, Jika Data sudah lengkap dan sudah Valid.
- Cetak BAP
- Upload BAP (Lakukan Upload BAP sebagai tanda selesainya pendataan)
- alamat Feeder Monitoring http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/
Posting Komentar untuk "Update Aplikasi AFE 18022020 Masalah Dan Solusi AFE - Trobleshooting"