Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Update Aplikasi AFE 18022020 Masalah Dan Solusi AFE - Trobleshooting




Update AFE 1.0 (18022020)



  • Download Aplikasi AFE18022020

  • Perbaikan data wilayah yang kurang

  • NIS Lokal bisa diperbaiki



  • Jika ada yang kurang jelas, atau ingin memberi saran dan masukan, silakan kirim email ke:

    emisdashboard@gmail.com




    A. Prosedur Pendataan EMIS Madrasah melalui AFE



    1. Memiliki Akun EMIS (Bagi Lembaga yang belum memiliki akun EMIS, harap mendaftar terlebih dahulu dengan kordinasi Operator Kemenag Kabupaten/Kota)

    2. Download Aplikasi Feeder EMIS (AFE) di halaman Menu Unduhan Dashboard EMIS => http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi

    3. Ekstrak Aplikasi di Komputer Lokal

    4. Jalankan File Aplikasi emis.exe

    5. Login sesuai Akun EMIS (Login Pertama harus Online)

    6. Silakan Ambil Data pada menu Data Lampau (Siswa, Guru dan Sarpras)

    7. Lakukan Update Data (Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras), bisa dilakukan offline.

    8. Sinkronisasi Data

    9. Cek Data hasil sinkroniasi di Feeder Monitoring (Online) => http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor

    10. Konfirmasi Data (Jika sudah Sync Lembaga, Siswa, Guru, Sarpras. Semua lingkaran Progres Hijau) Pastikan data sudah lengkap dan Valid)

    11. Download dan Cetak BAP untuk ditandatangani Kepala Madrasah (harap periksa dengan cermat isi BAP)

    12. Upload BAP yang sudah ditandatangani (Tanda Akhir Pendataan)

    13. Selesai





    B. Troubleshooting AFE Versi 1.0



    1. Gunakan Versi 1.0 yang terbaru/Final melalui link http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=aplikasi

    2. Jika pertama kali loading aplikasi dibuka (ada pesan please wait) lama, tutup atau close aplikasi, kemudian jalankan kembali aplikasi

    3. Jika form tidak bisa edit/dipilih seperti terkunci/lock, klik window luar aplikasi, kemudian kembali ke aplikasi.

    4. Jika SignOut dalam kondisi aplikasi masih aktif untuk login lagi biasanya anda perlu klik window luar aplikasi kembali ke aplikasi lagi untuk login kembali.

    5. Jika Ingin melakukan Mutasi Siswa, Tambah dan Non aktif Siswa/GTk/Sarpras Gunakan Feeder Monitoring, karena fitur tersebut tidak disediakan di AFE

    6. Proses Mutasi harus persetujuan Madrasah Tujuan

    7. Proses Non aktif Siswa/GTK melalui persetujuan Kankemenag Kab/Kota.

    8. Jika sudah terlanjur Upload BAP, tetapi ada kekeliruan. Maka masih diperkenankan untuk membatalkan BAP dengan cara mengajukan Permohonan

    9. Pembatalan BAP  ditandatanagani Kepala Madrasah, surat ditujukan kepada Kankemenag Kab/Kota, scan surat filenya dilampirkan

    10. dalam usulan melalui form usulan di menu Upload BAP.





    C. Catatan:



    1. AFE hanya bisa ambil data lampau (semester sebelumnya), dan menyempurnakan atau membetulkan data tersebut untuk disync ke Server EMIS

    2. Pada AFE tidak bisa dilakukan hapus dan tambah data, tetapi melalui Feeder Monitoring

    3. Monitoring hasil Sinkronisasi AFE dilihat di Feeder Monitoring





    Fungsi Selengkapnya Feeder Monitoring:



    1. Cek hasil Sync dari AFE

    2. Tambah Data Siswa, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Siswa AFE)

    3. Tambah Data Guru, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Guru AFE)

    4. Tambah Data Ruang Sarpras, jika diperlukan. (sebelumnya harus Sync Sarpras AFE) 

    5. Menghapus Data Double/Dropt Out/Menonaktifkan Data Siswa dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota

    6. Menghapus Data Double/Menonaktifkan Guru  dengan Persetujuan Kankemenag Kabupaten/Kota

    7. Mutasi Siswa (sebelumnya harus Sync Siswa AFE), Usulan harus disetujui oleh Lembaga tujuan.

    8. Konfirmasi Data, Jika Data sudah lengkap dan sudah Valid.

    9. Cetak BAP

    10. Upload BAP (Lakukan Upload BAP sebagai tanda selesainya pendataan)

    11. alamat Feeder Monitoring http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/


    Posting Komentar untuk "Update Aplikasi AFE 18022020 Masalah Dan Solusi AFE - Trobleshooting"